REHABILITASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI (RTLH)

Program bantuan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) adalah program dengan pemberian bantuan pembangunan/ perbaikan rumah masyarakat yang diberikan Pemerintah Kabupaten dengan sumber dana dari APBD Kabupaten Labuhanbatu Utara dan sumber dana lainnya yang sah. Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara mempercayakan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman untuk melakasanakan program bantuan ini.

Program ini sendiri dimulai pada penganggaran 2019 oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, yang mana sebelumnya program ini diselenggarakan oleh Dinas Sosial. Dinas Perumahan dan Permukiman melaksanakan program ini dibawah Bidang Permukiman yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Permukiman Buha Lumban Tobing, ST. Pada tahun pertama program ini Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman memberikan bantuan rehabilitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk 40 penerima bantuan atau total 40 unit rumah yang dibagi atas 8 Kecamatan dan disetiap Kecamatannya terhitung 5 rumah penerima bantuan rehabilitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Rumah yang akan menerima bantuan rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ini memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Tanah kepemilikan pribadi dan digunakan secara pribadi
  2. Bangunan rumah kepemilikan pribadi dan di atas tanah kepemilikan pribadi
  3. Berpenghasilan rendah dan tidak mampu secara keuangan
  4. Rumah dengan lantai tanah/ sejenisnya yang dinyatakan tidak layak untuk ditinggali
  5. Rumah dengan dinding tepas/ sejenisnya yang dinyatakan tidak layak sebagai dinding
  6. Rumah dengan atap rumbiah/ sejenisnya yang dinyatakan tidak layak sebagai atap
  7. Ketidaklayakan lainnya secara fisik bangunan rumah yang dapat merugikan kesehatan dan membahayakan keselamatan saat ini maupun di kemudian hari

Kemudian penerima bantuan rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) melengkapi syarat-syarat administrasi sebagai penerima bantuan, yang mana syarat-syarat administrasi itu sebagai berikut:

  1. Fotocopy Surat Tanah/ Surat Keterangan kepemilikan tanah
  2. Fotocopy Kartu Keluarga pemilik tanah
  3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk pemilik tanah
  4. Foto kondisi rumah
  5. Surat Rekomendasi dari kantor desa/ keluarahan

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman berkomitmen terus membangun dan mengembangkan Kawasan permukiman yang tertata dan layak sebagaimana disebutkan di dalam visi Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman yaitu “Terwujudnya Kawasan Permukiman yang Layak, Tertata dan Berkelanjutan Tahun 2021”. Dengan bantuan Pemerintah Kabupaten, Perangkat Desa dan andil masyarakat, diharapkan program kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi penerima bantuan.